SEKOLAH LAPANG (SL) GAP TANAMAN SAYUR DI BALIKPAPAN BARAT

20150513_15180120150513_14534820150513_15050020150513_145421DSC0152920150520_111023Photo0907Photo0908Photo0909Photo0852Photo0853Photo0854Photo0904Photo0906Photo0902Photo0901Photo0900Photo0898Photo0897Photo0896DSCN2334DSCN2335DSCN2338DSCN2340DSCN2175DSCN2171 DSCN2172 DSCN2173 Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Bertempat di Aula Kelurahan Baru Tengah, diadakan Sekolah Lapang (SL) GAP Tanaman Sayur. Acara dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Balikpapan Barat Gunawan. Hadir dalam acara ini Lurah Baru Tangah Amiruddin, Kasi Hortikultura DPKP Kota Balikpapan Sigit Buntoro serta Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Karang Joang Mathius Papa Tulak. Kegiatan SL GAP Tanaman Sayur kali ini mengahadirkan Nara Sumber Elham Sidk, S.PKP untuk materi Budidaya Tanaman Sayur dan Indah Sugiastuti, SP untuk materi Hama dan Penyakit serta dibantu oleh Agus Joko Kishandoko, SP dan Dedi Darmawan, SP. Kegiatan SL GAP Tanaman Sayur ini direncanakan melakukan tatap muka sebanyak 14 kali pertemuan dibuka tgl 14 April 2015 hingga pertengahan
Juni 2015.

 

Materi SL GAP Tanaman
Sayur

  1. Persiapan Lahan dan Pengenalan Media Tanam.
  2. Pemilihan Benih.
  3. Penyemaian Benih.
  4. Penanaman.
  5. Pemeliharaan Tanaman meliputi ; Pemupukan, Penyiraman, Penyiangan dan Pemangkasan.
  6. Panen.
  7. Mengenal berbagai macam Wadah Tanam.
  8. Hama dan Penyakit Tanaman Sayur.

Penyampaian materi dengan proporsi Teori 30% dan Praktek 70%

 

Peserta

Peserta sebanyak 30 orang berasal Kecamatan Balikpapan Barat terdiri dari ;

  • Kelurahan Baru Tengah   = 10 orang.
  • Kelurahan Baru Ulu          =   5 orang.
  • Kelurahan Baru Ilir           =   5 orang.
  • Kelurahan Marga Sari       =   5 orang.
  • Kelurahan Margo Mulyo   =  5 orang.

 

Out Put

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan SL GAP Tanaman Sayur ini peserta dapat menguasai teknis budidaya tanaman sayur serta melakukan pencegahan dan pengendalian hama dan penyakit tanaman kemudian mampu menerapkannya di rumah tangga masing-masing.

 

 

 

Leave a comment